My photo
20th , Enjoy everything you see... Faculty of Information Technology - UG


Saturday, March 19, 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Cinta Kasih

Cinta merupakan anugerah terindah dari Tuhan , dan cinta adalah kekuatan manusia yang paling tinggi karena tanpa cinta tidak akan dapat mewujudkan setiap apa yang kita impikan.
Berbagai macam cinta kasih :
Ø Cinta kasih antara manusia dan Tuhan : Apabila seseorang taat beribadah, mematuhi perintah Tuhan, dan menjauhi larangan-Nya, maka ia mempunyai cinta kasih kepada Tuhan YME.
Ø Cinta kasih antar orang tua dan anak : Orang tua yang merawat,mendidik dan membesarkan anaknya dengan cinta kasih sayang yang tulus disertai penuh harapan kelak anaknya akan menjadi seorang yang sukses . Begitupun juga dengan anaknya, ia berbakti kepada orangtuanya untuk membalas semua kebaikan dan cinta kasih terhadap orangtuanya.
Ø  Cinta kasih antara pria dan wanita. Seseorang pria menaruh perhatian dan pengorbanannya terhadap seorang wanita  dengan cinta kasih yang tulus untuk membahagiakan seorang wanita yang ia cintai
Ø  Cinta kasih antar sahabat : sahabat tidak hanya hadir disaat senang , namun disaat dukalah sahabat yang bisa memberikan segala perhatian,menghibur dan selalu bersama-sama .Sahabat bisa mengetahui disaat kita sedih bukan dari air matanya,namun dari senyum palsunya , dan sahabatlah yang setia menjadi pendengar dan penasehat yang baik untuk menunjukkan cinta kasihnya.
Ø Cinta kasih manusia terhadap lingkungannya. Apabila seseorang menciptakan taman yang indah, memelihara taman pekarangan, tidak menebang kayu di hutan dengan liar, menanam tanah gundul dengan teratur, tidak berburu hewan secara semena-mena atau dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau menyayangi lingkungan hidupnya.

Kasih Sayang
 Pada dasarnya kasih sayang adalah fitrah yang dianugerahkan Allah SWT kepada mahluknya, misalnya hewan, kita perhasikan begitu kasihnya kepada anaknya, sehingga rela berkorban jika anaknya diganggu. Naluri inipun ada pada manusia, dimulai dari kasih sayang orang tua kepada anaknya, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi naluri kasih sayang ini dapat tertutup jika terdapat hambatan – hambatan misalnya pertengkaran, permusuhan, kerasukan, kedengkian dan lain – lain.
Pemujaan
Pemujaan adalah dimana kita memuja atau mengagungkan sesuatu yang kita senangi.Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja pada leluhur,memuja pada agama tertentu dan kepercayan yang ada.seperti  Pemujaan pada leluhuradalah suatu kepercayaa bahwa para leluhur yang telah meninggal masih memiliki kemampuan untuk ikut mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup. Dalam beberapa budaya Timur, dan tradisi penduduk asli Amerika, tujuan pemujaan leluhur adalah untuk menjamin kebaikan leluhur dan sifat baik pada orang hidup, dan kadang-kadang untuk meminta suatu tuntunan atau bantuan dari leluhur. Fungsi sosial dari pemujaan leluhur adalah untuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan, seperti bakti pada orang tua, kesetiaan keluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga.

Kemesraan
 kemesraan berasal dari cinta kasih yang bersifat nyata dan menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
·   Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
·   Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
·   Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemesraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya.




No comments:

Post a Comment