My photo
20th , Enjoy everything you see... Faculty of Information Technology - UG


Tuesday, May 21, 2013

Tips Meminimalisir Pengaruh Negatif Game Online



Game online saat ini benar benar sudah menjamur di mana mana, baik di kota maupun pedesaan. Bahkan anak anak SD pun sudah mengerti dan lihai dalam bermain Game Online. Berikut beberapa game online yang lagi ngetrend di tahun 2012. Game RohanPoint Blankwarcraft dota,RF onlinePerfect worldLost SagaSeal Online dan masih banyak lagi game online lainnya. 
Kenyataan di lapangan ternyata penggemar game online bukan dari anak anak sekolah saja, namun orang dewasa dan bahkan cewek  pun banyak yang meminatinya. Itulah dahsyatnya pengaruh dari permainan online ini. Tentunya akan ada efek negatifnya dari permainan game ini. Anak sekolah merupakan salah satu kelompok yang mudah terpengaruh oleh dampak  game online. Waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat atau bermain, namun mereka cenderung memanfaatkannya untuk duduk di depan komputer dan asik dalam permainan game online tersebut. Ketergantungan semacam bisa saja memicu perilaku negatif, seperti mencuri uang untuk ngegame ke warnet, bolos sekolah, malas mengerjakan pekerjaan rumah, tidak mau membantu orang tua atau rasa tak tenang saat tidak dapat bermain game.



Berikut ini beberapa pengaruh dari Game Online.
  • Kecanduan akan bermain game. Hal inilah yang akan membahayakan bagi pelajar. Karena di pikiran mereka hanya maen game dan maen game tanpa memikirkan waktu dan sekolah mereka.
  • Terlalu lama ngegame bisa merusak mata. Mata akan mengalami gangguan jika bermain game terlalu lama karena dampak radiasi dari layar komputer.
  • Membuat murid murid sekolah menjadi malas belajar. Banyak fakta membuktikan hal ini. Banyak di warnet warnet game online di jam sekolah di penuhi oleh anak anak yang bolos sekolah. Seperti berita berita di tv dan media lainnya yaitu banyaknya anak anak sekolah yang terjaring razia oleh satpol pp karena bolos sekolah. 
  • Pemborosan. Demi bermain game kesukaanya kadang para siswa menyelewengkan uang spp atau uang saku mereka.
Dan masih banyak efek negatif lainnya dari bermain game online yang berlebihan.


Sebenarnya tidak ada salahnya kalau anak anak bermain game online. Karena game juga berguna untuk menghilangkan stress dan untuk refreshing, namun jika bermain game tanpa ada batasan waktu pasti akan merusak mental para pecinta game tersebut.
Untuk mencegah kecanduan bermain game tentu bukan pekerjaan mudah. Dikarenakan adanya fasilitas internet yang banyak tersedia di mana-mana,  menjadikan anak anak bisa ngegame online kapanpun mereka mau. Salah satu tips untuk mengurangi dampak negatif bermain gameadalah pemberian nasehat atau bimbingan dari orang terdekat yaitu orang tua.

Berikut beberapa tips untuk orang tua dalam memberi bimbingan kepada anak nya demi mengurangi efek negatif game online.

  • Bekerjasama dengan guru di sekolah untuk turut memantau perkembangan belajar siswa.
  • Menjalin komunikasi informal yang baik dengan anaknya agar seorang anak bisa terbuka pada orang tua, sehingga orang tua bisa memberikan  pendidikan pada seorang anak tanpa sang anak merasa dihakimi.
  • Memberikan waktu khusus kepada anak untuk bermain game online, dan tegasi anak untuk tidak bermain di luar waktu yang sudah disepakati terutama jam sekolah. Ini menunjukkan bahwa orang tua tidak sekedar melarang, namun memberikan kelonggaran. Di sisi lain orang tua mengajarkan kepada anaknya untuk bertanggung jawab pada waktu yang dimilikinya.
sumber :

No comments:

Post a Comment