My photo
20th , Enjoy everything you see... Faculty of Information Technology - UG


Saturday, May 17, 2014

Analisa "APLIKASI TEKNOLOGI GREEN COMPUTING MELALUI OPTIMALISASI KINERJA KOMPUTER"



Nama           : Eva Safitri
NPM            : 52410453
Kelas            : 4ia06
Mata kuliah  : Pengantar Komputasi Modern#


Saya akan menganalisa mengenai jurnal yang telah saya cari sebelumnya yaitu mengenai APLIKASI “TEKNOLOGI GREEN COMPUTING MELALUI OPTIMALISASI KINERJA KOMPUTER” Dalam jurnal tersebut dibahas mengenai Green Computing yang merupakan suatu konsep penggunaan teknologi agar menjadi lebih praktis, efisien dan hemat dalam penggunaan energi, menjadi suatu konsep yang terus dikembangkan pada saat ini. Maka optimalisasi kinerja komputer menggunakan processor tunggal menjadi pilihan agar dapat dioptimalkan dalam penggunaan teknologi di saat ini.

Pada Teknologi green computing dapat dikembangkan ke dalam berbagai macam aspek teknologi. Sehingga teknologi yang dihasilkan akan menjadi lebih baik dan memiliki peran serta kemampuan yang lebih optimal. Salah satu konsep yang dapat dikembangkan adalah tentang bilangan prima.
Dimana bilangan prima telah menjadi salah satu bahasan pokok dari riset-riset yang dilakukan pada jurnal tersebut.
Pemanfaatan Green Computing
Beberapa metode pendekatan Green Computing sehingga lebih ramah lingkungan dalam sistem komputasi berikut ini:
1. Pemanfaatan energi alternatif
Dengan menggunakan sumber energi alternatif lain sistem komputasi dapat digerakkan, misalnya menggunakan energi nuklir, hydroelectric, kincir angin,
dsb.
2. Penggunaan Sistem Teknologi Virtualisasi
Dengan sistem virtualisasi maka seorang Administrator akan lebih mudah menggabungkan beberapa sistem CPU fisik ke dalam bentuk Virtual Machine yang jauh lebih handal. Tentunya hal ini dapat mengurangi jumlah keseluruhan sumber daya yang ada.
3. Pengaturan penggunaan sumber daya
Komputasi modern saat ini sudah dilengkapi adanya fasilitas Advance Configuration and Power Interface, yang memungkinkan suatu sistem operasi mengendalikan secara langsung faktor power saving dari hardware komputer tsb.
4. Penggunaan Hardware yang Low Power
Saat ini sudah banyak produk-produk komputer yang menggunakan sumber daya yang rendah. Namun hal ini akan tidak sesuai bila Anda menggunakan komputer untuk game, video editing, dan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan resources yang besar.
5. Pemanfaatan sistem Daur Ulang
o Bila komputer sudah usang namun masih dapat dimanfaatkan kembali
biasanya sparepart yang masih berfungsi mungkin dapat dipakai sebagai
sumber bagi komputer lain
6. Penggunaan Sistem Mobilitas
Infrastruktur yang ada seperti saluran kabel telpon mungkin saat ini dapat berkurang berkat adanya inovasi dalam teknologi informasi dimana kita sudah dapat melakukan komunikasi menggunakan VOIP (Voice Over Internet Protocol).

Kesimpulan
Berdasarkan jurnal tersebut, Pada Teknologi green computing dapat dikembangkan ke dalam berbagai macam aspek teknologi. Sehingga teknologi yang dihasilkan akan menjadi lebih baik dan memiliki peran serta kemampuan yang lebih optimal.  Bilangan prima adalah salah satu metode yang dapat dikembangkan untuk mengahsilkan suatu produk teknologi yang memiliki konsep ramah lingkungan (Green Computing). Dengan cara menggunakan struktur bit-array kesulitan didalam mencari pola-pola urutan bilangan prima yang sekalanya sangat besar dapat diatasi dengan menggunakan prosesor tunggal, dan dapat mempercepat waktu akses.

sumber
http://www.general-file.com/download/gs4c01eebbh32i0/4_IWAN_optimalisasi_kinerja_komputer_menggunakan_processor_tunggal.pdf.html

No comments:

Post a Comment